rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

RESENSI BUKU 500 PANTUN GAUL MELAYU BENGKULU

 


GUDATAnews.com, Bengkulu -

Judul Buku : 500 Pantun Gaul Melayu Bengkulu

Penulis : Muhammad Ichwan Anwar

Penerbit : Lakeisha, Klaten, Jawa Tengah

ISBN : 978-623-119-286-8

Editor : Andriyanto

Cetakan I : Juli 2024

Jumlah Halaman : 137 Halaman

Ukuran Buku : 11 x 19 cm

 

 

Buku yang berisikan pantun gaul karya Muhammad Ichwan Anwar ini, menghimpun 500 pantun. Beliau adalah salah seorang penulis yang ada di Provinsi Bengkulu. Proses penghimpunan pantun-pantun yang ada di dalam buku ini hampir satu tahun. Ada 115 pantun berjonggi (jenaka), 88 pantun muda-mudi, 205 pantun petuah, 46 pantun teka-teki, dan 46 pantun anak-anak.

 

Pantun bagi Masyarakat Melayu bukan hanya sebagai karya sastra. Pantun merupakan tradisi lisan yang pada akhirnya berkembang dan mendarah daging bagi Masyarakat Melayu. Jadi, tidak mengherankan bila pantun menjadi bagian kehidupan dan peradaban Orang Melayu.

 


Jauh sejak lama, tradisi pantun telah dikenal Masyarakat Melayu Bengkulu sejak lama. Tradisi berpantun menyemarakkan berbagai acara sakral seperti: proses pernikahan, ritual adat, dan penyambutan tamu-tamu penting.

 

Dalam setiap baris pantun yang ada di dalam buku ini sarat dengan kosa kata, kias, dan ungkapan keseharian masyarakat yang ada di Bengkulu. Pantun-pantun yang ada di dalam buku ini, disusun dalam bahasa yang mudah dimengerti, komposisi baris dan bait yang indah dicerna, serta dikemas untuk menyatakan topik-topik yang mudah dipahami.

 

Beraneka pantun yang ada di dalam buku ini, baik untuk semua kalangan sebagai bagian untuk membangun karakter dan kepribadian. Sebab, pantun-pantun yang ada di dalam buku ini terdapat pesan-pesan moral dan akhlak yang mulia.[ ]

 

Foto: Mitradi HFA


Penulis Resensi : Yovi Guantara Tanjung

 

Bagi peminat buku pantun ini, bisa membeli/ memesan dengan menghubungi nomor WA : 0813 7774 1447 (M. Ichwan Anwar/ Iwan)

 

Artikel Terkait

Artikel Terkait